Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

ALI BIN ABI THALIB BATAL MEMBUNUH MUSUHNYA


Kisah teladan mengenai Ali r.a, “Pintu Gerbang Ilmu dan Singa Allah”. Dalam perang Khandaq, Ali memukul jatuh seorang kafir musuhnya dan menghunus pedang untuk membunuhnya, takkala musuhnya meludahi muka sang Asadullah yang gagah berani. Akan tetapi Ali malah diam menahan pedangnya. Hamper tidak percaya dengan apa yang dilihatnya, orang kafir tersebut bertanya.”Mengapa engkau tidak jadi membunuhku, wahai orang baik?”

Ali menjawab,”Harta benda dan hidupmu menjadi berharga bagiku. Aku tak berhak membunuhmu. Aku diperbolehkan membunuh hanya dalam perang suci, dalam perang yang diperintahkan oleh Allah. Barusan aku telah mengalahkanmu dalam peperangan, memukulmu jatuh, dan hamper saja membunuhmu. Namun ketika engkau meludahi wajahku, kemarahanku sendirilah yang bangkit untuk menghabisimu. Jika jadi membunuhmu, aku melakukannya bukan karena Allah, tetapi karena kemarahan dan kepentinganku sendiri. Maka, orang-orang akan menyebutku bukan sebagai kesatria sejati, tetapi sebagai pembunuh. Sewaktu engkau meludahi wajahku, nafsu pribadi menguasai diriku, sehingga alih-alih membabatmu lantaran kepentinganku sendiri, aku memilih membabat nafsuku demi Allah Swt. Sekarang engkau boleh bebas.”

Orang kafir itu merasa kagum dan takjub. Peristiwa ini menyadarkannya bahwa dia menyaksikan sendiri kemuliaan dan keluhuran seorang muslim. Saat cahaya Islam merasuki hatinya, tanpa sadar air matanya menetes. Bagaimana mungkin air matanya melelh?... hanya dalam beberapa saat saja, dia selamat dari kematian sebagai orang kafir-bahkan sama sekali selamat dari kekafiran-dan kemudian bersyahadat masuk Islam. Orang yang melantarinya masuk Islam tak lain adalah sosok yang berdiridi depannya, Ali bin Abi Thalib.

(Pencerah Mata Hati oleh Syekh Muzaffer Ozak)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

bila ada pesan,kesan,dan keritik
silakan ditulis.kami sangat menghargai atas apresiasi teman-teman.
syukron katsuran!! ^^