Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TUGAS IBU TIGA KALI LEBIH BERAT KETIMBANG TUGAS AYAH

Pada suatu tempo, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah,”Ya Rasulullah, siapakah yang lebih berhak atas anak-anak, ibu atau ayah?” Pemimpin dunia dan akhirat ini menjawab,”Hakibu lebih besar daripada hak ayah.” Pertanyaan ini berulang tiga kali, dan semua jawaban Rasulullah sama. Ketika pertanyaan itu diucapkan untuk keempat kalinya, jawaban beliau berubah,“Hak ayah lebih besar.”

Lantas, sahabat itu bertanya,”Ya Rasulullah, mengapa engkau member tiga hak kepada ibu dan satu hak kepada ayah?” Rasulullah menjawab,”ibumu mengandung selama sembilan bulan sepuluh hari, lalu melahirkanmu. Berikutnya, ia tidak tidur demi dirimu, menyusuimu, menimangmu selama tiga tahun, dan memandikanmu. Selama tujuh tahun ia menggendongmu dipunggungnya. Ia mencuci pakaianmu. Ia memasak dan menyiapkan makanan untukmu selama empat belas tahun. Saat kamu berumur empat puluh, lima puluh, atau enam puluh, ia tetap memerhatikan perkembangan hidupmu dengan penuh perhatian. Adapun ayahmu, dia menaburkan benihmu dalam rahim ibumu, mencarikan pangan dan sandang untukmu. Apakah ini sebanding dengan jerih payah ibumu?”

Sahabat tadi bertanya lagi,”Baiklah, ya Rasulullah, aku ingin tahu, bila aku dapat membayar seluruh pengorbanan dan pertolongan ibuku, seberapa banyak yang dapat aku lakukan untuknya?” Rasulullah menjawab,”Kamu tidak dapat membayar sedemikian banyak pengorbannya yang menyerupai pengorbanan sang malam! ” “Bagaimana jika aku menggendong ibuku dipunggungku sepanjang tahun, memasak makanan untuknya dan menyuapinya? Bagaimana aku melakukan semua pekerjaan sebagaimana yang dilakukannya untuk ibuku selama hidupnya?” “tetap saja ada perbedaannya: ibumu merawatmu agar kamu hidup, sementara kamu merawatnya seraya menunggu kematiannya.”

(Ozak ,Syekh Muzaffer Ozak.2006.Pencerah Mata Hati.Jakarta:PT.Serambi Ilmu Semesta)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

bila ada pesan,kesan,dan keritik
silakan ditulis.kami sangat menghargai atas apresiasi teman-teman.
syukron katsuran!! ^^